May 20, 2013

9 Data dan Fakta Liga Inggris 2012/2013

 

Inilah Hasil Lengkap Laga Terakhir Liga Primer Inggris 2012/2013 tadi malam :
Chelsea 2 - 1 Everton
Liverpool 1 - 0 Queens Park Rangers
Manchester City 2 - 3 Norwich City
Newcastle United 0 - 1 Arsenal
Southampton 1 - 1 Stoke City
Swansea City 0 - 3 Fulham
Tottenham Hotspur 1 - 0 Sunderland
West Bromwich Albion 5 - 5 Manchester United
West Ham United 4 - 2 Reading
Wigan Athletic 2 - 2 Aston Villa

Sejumlah laga perpisahan tersaji. Laga MU lawan tuan rumah West Bromwich Albion yang berakhir imbang 5-5 menjadi laga perpisahan bagi manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, yang memutuskan pensiun pada akhir musim ini. Laga tersebut juga menjadi laga perpisahan bagi gelandang Manchester United, Paul Scholes, yang memutuskan gantung sepatu. Posisi Ferguson di Old Trafford akan digantikan oleh pelatih Everton, David Moyes, yang melihat timnya kalah 1-2 di markas tim peringkat ketiga Chelsea. Laga tersebut menjadi pertandingan perpisahan Moyes setelah 11 tahun menukangi Everton. Sementara pelatih lawan, Rafael Benitez, juga akan berpisah dengan Chelsea usai sukses memberikan gelar Liga Europa pada tengah pekan lalu. Benitez juga mengucapkan selamat tinggal dimana Jose Mourinho dilaporkan akan kembali ke klub London Barat itu setelah ia meninggalkan posisinya di Real Madrid. Perpisahan emosional juga terjadi di Anfield. Jamie Carragher menjadi kapten Liverpool untuk pertandingan ke-737 dan terakhirnya untuk klub itu. Mereka menang 1-0 atas tim yang sudah dipastikan terdegradasi QPR di Anfield. Manchester City, yang telah memastikan lolos ke Liga Champions musim depan dengan menempati posisi kedua Liga Primer Inggris, juga sudah berpisah dengan sang pelatih Roberto Mancini dalam laga terakhir lawan Norwich. Manchester City menelan kekalahan tipis 2-3. Penyerang Stoke, Michael Owen, tampil selama 16 menit sebelum ia pensiun saat timnya bermain imbang 1-1 di markas Southampton. Sementara juara Piala FA, Wigan, yang sudah dipastikan terdegradasi bermain imbang 2-2 dengan Aston Villa.
Itulah sedikit dari banyak cerita perpisahan liga Inggris malam tadi. Dengan menyisakan drama 10 gol antara WBA dan MU, berikut 9 data dan fakta Liga Primer Inggris musim 2012/2013 lainnya yang sempat saya catat.

1. Juara
Manchester United menutup musim 2012/2013 dengan titel juara dengan raihan 89 poin, unggul 11 poin dari rival terdekatnya di posisi kedua, juara musim lalu Manchester City. MU sebenarnya telah mengunci gelar juara di pekan ke-34 saat menundukkan Aston Villa, namun hasrat memecahkan rekor poin terbanyak dalam satu musim milik Chelsea membuat MU tetap bernafsu memenangkan sisa laga. Tekad tersebut akhirnya kandas setelah ditahan imbang Arsenal dan dikalahkan Chelsea di sisa laga, serta ditahan imbang 5-5 oleh West Bromwich tadi malam. Namun demikian, juara MU musim ini terasa spesial, karena total MU telah juara Liga Inggris sebanyak 20 kali, yang 13 diantaranya diraih saat berganti format menjadi Liga Primer, meninggalkan pesaing terdekatnya Liverpool dengan 18 gelar juara.

2. Zona Liga Champions
Chelsea akan mengikuti MU dan City yang langsung melangkah ke fase grup. Sedangkan Arsenal harus memulai dari babak kualifikasi. Chelsea dan Arsenal hampir saja harus melakoni play-off untuk menentukan posisi tiga, yang sangat jarang terjadi. Play-off bisa digelar bila Chelsea imbang tanpa gol dengan Everton, sedangkan Arsenal menang 2-1 atas Newcastle United. Hasil itu akan membuat kedua klub akan memiliki poin serta jumlah gol dan kemasukkan yang sama. Pada akhirnya play-off tak perlu dilaksanakan karena Chelsea menang 2-1 atas Everton, walaupun Arsenal mengalahkan Newacastle 1-0. Kemenangan Arsenal ini membuat Tottenham gigit jari. Mereka harus puas finis di posisi lima dengan terpaut satu poin saja meski sukses menekuk Sunderland 1-0.
Manchester City (78 poin) : Juara musim lalu dan juara kedua musim ini ditambah runner up piala FA sebenarnya bukan prestasi yang buruk. Ketidakkonsistenan MC membuat gelar juara mereka musim lalu terbang ke markas tetangga, Old Trafford.
Chelsea (75 poin) : Walaupun hanya berada di posisi ke-3, Juara liga Champions musim lalu dan juara liga Europa musim ini membuat Chelsea masih bisa tersenyum puas musim ini. Ditambah lolos otomatis lolos ke Liga Champions musim depan cukuplah buat mereka.
Arsenal (73 poin) : Lolos liga Champions walaupun harus melalui babak kualifikasi. Inilah kali pertama Arsenal terlempar dari 3 besar Liga Inggris sejak tahun 1996.
Uniknya, liga Champions musim depan hanya diwakili oleh 2 kota di Inggris, Manchester dan London.

3. Zona Liga Europa
Tottenham (73 poin) : Sebenarnya Tottenham Hotspurs berpeluang besar ke Liga Champions, bersaing dengan Chelsea dan Arsenal. Namun Spurs akhirnya harus puas berlaga di liga Europa setelah kalah bersaing di menit-menit terakhir. Reading sebagai tim fairplay sejatinya ikut liga Europa, tapi apalah daya tim ini terdegradasi. Juara piala FA, Wigan ikut terdegradasi musim ini.

4. Zona Degradasi
Wigan (36 poin) : Berhasil mengangkat trofi piala FA tidak otomatis menolong Wigan lolos dari zona degradasi.
Reading (28 poin) : Berstatus tim fair play tidak otomatis mengangkat Reading dan zona degradasi.
QPR (25 poin) : Jor-joran, banyak membeli pemain (contoh Julio Cesar dari Inter Milan, Fabio dan Park Ji Sung dari MU) dan manager (Harry Reddknap) bagus tidak menjamin QPR tidak terdegradasi.

5. Pemain Terbaik
Gareth Bale sukses meraih penghargaan Pemain Muda Terbaik dan Pemain Terbaik Liga Primer Inggris musim 2012/2013 dari PFA (Asosiasi Sepak bola Profesional Inggris). Terpilihnya Bale merupakan hasil dari pilihan rekan-rekan sesama pesepakbola di Liga Inggris. Di kategori Pemain Muda Terbaik, pesepakbola asal Wales itu mengalahkan. Christian Benteke (Aston Villa), Eden Hazard (Chelsea), Romelu Lukaku (WBA), Danny Welbeck (Manchester United) dan Jack Wilshere (Arsenal). Untuk kategori Pemain Terbaik, ia mengungguli Luis Suarez (Liverpool), Juan Mata dan Eden Hazard (Chelsea), Robin van Persie dan Michael Carrick (Manchester United). Bale menjadi pemain ketiga yang bisa meraih dua penghargaan tersebut dalam satu musim. Sebelumnya, hal serupa pernah diraih Andy Gray musim 1976/1977 dan Cristiano Ronaldo musim 2006/2007. Selain itu, Bale juga bersanding dengan para legenda seperti Mark Hughes, Thierry Henry, Alan Shearer dan Cristiano Ronaldo yang pernah meraih gelar Pemain Terbaik lebih dari satu kali. Terakhir kali, Bale meraihnya tahun 2011 lalu. Penghargaan bagi Bale tak hanya sampai di sini. Barclays, sebagai sponsor Liga Primer, menobatkannya sebagai Pemain Terbaik musim ini. Bale menjadi pemain Spurs pertama dan pemain Wales pertama yang mendapatkan penghargaan ini.

6. Top Skorer
Striker Manchester United, Robin Van Persie, mempertegas statusnya sebagai topskorer Liga Primer Inggris musim ini. Di laga terakhir musim lawan tuan rumah West Bromwich Albion tadi malam RVP menyumbang satu satu gol dalam laga yang berkesudahan imbang 5-5 tersebut. Tambahan satu golnya itu mempertegas status Van Persie sebagai topskorer dengan torehan 25 gol. Berikut daftar pencetak gol Liga Utama Inggris 2012/2013 :
25: Robin Van Persie (Manchester United)
23: Luis Suarez (Liverpool)
21: Gareth Bale (Tottenham)
19: Benteke (Aston Villa)
18: Michu (Swansea City)
17: Lukaku (West Bromwich)
15: Ba (Chelsea), Berbatov (Fulham), Lambert (Southampton), Lampard (Chelsea)
14: Dzeko (Manchester City), Walcott (Arsenal)
12: Aguero (Manchester City), Cazorla (Arsenal), Le Fondre (Reading), Rooney (Manchester United)
11: Defoe (Tottenham), Fellaini (Everton), Fletcher (Sunderland), Giroud (Arsenal), Kone (Wigan), Mata (Chelsea), Podolski (Arsenal), Sturridge (Liverpool), Tevez (Manchester City)
10: Chicharito (Manchester United), Gerrard (Liverpool), Nolan (West Ham).

7. Gol Terbaik
Gol terbaik liga Inggris musim ini menurut saya adalah gol kedua Robin Van Persie saat mencetak hatrick di gawang Aston Villa di pertandingan ke-34. RVP melakukan tendangan voli sekaligus first time sambil berlari menyambut umpan lambung Rooney. Carilah video golnya di youtube dan Anda pasti mengamini pendapat saya. Hatrick RVP ini sekaligus mengunci gelar ke 20 MU di kancah premier league Inggris.

8. Manager Terbaik
Penghargaan Pelatih Terbaik jatuh ke tangan Sir Alex Ferguson yang sukses mengantar Manchester United menjadi juara. Pelatih asal Skotlandia itu musim depan memutuskan untuk pensiun. Ini adalah kali kesebelas Fergie mendapatkan penghargaan Pelatih Terbaik. Gelar ini pertama kali direngkuhnya pada musim 1993/1994. Selama 26 tahun masa baktinya bersama MU, 38 gelar berhasil ia persembahkan bagi MU. SAF melakoni laga terakhirnya bersama MU dengan bertandang ke markas West Bromwich Albion tadi malam, menandai partai ke-1500 Ferguson bersama MU.

9. Tim Fair Play
Reading memuncaki daftar fair play Liga Primer 2012/2013. Mereka menerima 44 kartu kuning dan satu kartu merah dengan nilai total 46 poin. Sementara, sang juara Manchester United menempati posisi ketujuh bersama Tottenham Hotspur dengan sama-sama memiliki nilai total 58 poin. MU meraih 56 kartu kuning dan satu kartu merah selama semusim. Status sebagai tim paling kotor musim ini jatuh kepada Stoke City. Tim yang akhirnya selamat dari jeratan degradasi itu memiliki nilai total 84 poin setelah mendapat 76 kartu kuning dan empat kartu merah.

Selamat jalan musim 2012/2013. Mari sambut musim 2013/2014 dengan penuh optimis, walaupun sepertinya bakalan sulit menonton liga Inggris karena hak siarnya dibeli Orange TV, TV berbayar yang tak saya punya.

1 comment:

  1. Banyak yang pensiun namun banyak pula bintang-bintang baru, Scholes, Beckham, giggs mungkin akan menyusul namun sudah muncul bintang-bintang muda yang baru Bale, dll semoga liga Inggris akan selalu menyajikan pertandingan spektakuler

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...