June 19, 2018

False 9 Piala Dunia Rusia 2018

Berikut daftar pemain bernomor punggung 9 di masing-masing tim negara peserta Piala Dunia Rusia 2018

Alan Dzagoev  (Rusia)
Hattan Sultan Babhir (Arab Saudi)
Marwan Mohsen (Mesir)
Luis Suarez (Uruguay)
Ayoub Kaabi (Maroko)
O. Ebrahimi (Iran)
Andre Silva (Portugal)
Rodrigo (Spanyol)
Oliver Giroud (Prancis)
Tomi Juric (Australia)
Gonzalo Higuain (Argentina)
Bjoern Sigurdarson (Islandia)
Jose Paolo Guerrero (Peru)
Nicolai Joergensen (Denmark)
Andrej Kramaric (Kroasia)
Odion Ighalo (Nigeria)
Daniel Colindres Solera (Kostarika)
Alexandar Mitrovic (Serbia)
Timo Werner (Jerman)
Raul Jimenez (Meksiko)
Gabriel Jesus (Brasil)
Haris Seferovic (Swiss)
Marcus Berg (Swedia)
Shin-Wook Kim (Korea Selatan)
Romelu Lukaku (Belgia)
Gabriel Torres (Panama)
Anice Badri (Tunisia)
Harry Kane (Inggris)
Radamel Falcao (Kolombia)
Shinji Okazaki (Jepang)
Robert Lewandowski (Polandia)
M. Biram Diouf (Senegal)

Tentang False 9

Pemain yang mengenakan nomor punggung 9, secara klasik merupakan pemain yang akan banyak bergerak di kotak penalti, menyambut umpan-umpan silang, atau memanfaatkan umpan-umpan terobosan.

Namun seiring perkembangan sepakbola modern, muncul istilah False Nine. Banyak yang menyangka bahwa false nine adalah penyerang palsu di mana seorang gelandang yang ditempatkan sebagai penyerang.

Tidak sepenuhnya demikian. False nine bukanlah tentang nomor punggung, false nine bukanlah tentang posisi, melainkan peran (role).
Untuk melihat peran, perlu dilihat cara seorang pemain bermain. Singkatnya, peran pemain bukan tentang siapa yang memainkannya, tapi seperti apa ia bermain. Peran false nine ini adalah bermain di depan gelandang, membuat umpan berbahaya, menggiring pertahanan lawan untuk keluar dari bentuknya dan membuat aksi fantastis saat mencetak gol untuk dirinya sendiri. Jadi, biar pun seorang pemain bernomor punggung 10 atau malah nomor punggung 2 jika mempunyai peran false nine, maka dialah pemain false nine, bukan pemain nomor punggung 9.

False nine identik dengan seorang gelandang yang ditempatkan sebagai penyerang. Peran false nine memiliki beberapa kecenderungan. Seorang false nine tidak banyak bermain di area kotak penalti layaknya penyerang klasik. Seorang false nine bahkan tampak seperti seorang gelandang serang yang punya visi, daya jelajah, teknik (umpan maupun dribel) dan kreasi serangan yang tinggi. Maka dari itu tugasnya tidak hanya mencetak gol, ia juga harus menciptakan ruang bagi dirinya sendiri maupun rekan setim.

Dengan tugas seperti ini, tak banyak pemain yang bisa bermain sebagai false nine. Selain Totti dan Messi, pemain yang dikenal mahir bermain sebagai false nine adalah Fabregas. Dalam penyebutan peran, kita memang tidak bisa hanya melihat posisinya saja, tapi juga bagaimana ia bermain. Apalagi untuk peran false nine, terbilang tidak sembarangan karena hanya sedikit pemain yang fasih memerankan peran ini.

Jadi, dari seluruh pemain bernomor punggung 9 di Piala Dunia Rusia 2018, siapa saja yang akan berperan sebagai false nine? Hanya pelatih dan Tuhan yang tahu.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...