April 11, 2013

9 Bahaya Minum Teh Bagi Kesehatan



Teh hangat manis nikmat di seruput sore hari, bersama cemilan. Saya pun suka minum teh, sering minum teh manis pagi dan malam hari. Meskipun mempunyai banyak manfaat, teh ternyata berbahaya bagi kesehatan orang-orang tertentu. Berikut ini 9 bahaya minum teh bagi kesehatan.  


1. Bahaya bagi orang yang mempunyai masalah fungsi ginjal.
Orang yang fungsi ginjalnya bermasalah dan mereka yang kandung kemihnya tidak bisa menahan kencing (inkontinensia) maka waspadalah kalau minum teh, karena teh bersifat memperlancar pembuangan air seni. Terlau banyak mengkonsumsi teh akan mengganggu fungsi ginjal, sehingga orang yang memiliki masalah ginjal  akan makin memperparah kerusakan ginjalnya. 

2. Bahaya bagi wanita hamil.
Wanita hamil memerlukan lebih banyak jenis nutrisi untuk menyuplai kebutuhan tubuh sekaligus janin dalam kandungannya. Jika berlebihan mengkonsumsi teh akan berakibat zat tanin dalam teh akan bersenyawa dengan zat besi dalam makanan yang dikonsumsi ibu hamil yang akan menjadi sisa makanan yang tidak bisa diserap tubuh. Keadaan ini cukup berbahaya karena disamping bisa memicu anemia serta rendahnya zat besi pada ibu hamil, juga bisa menyebabkan janin dalam kandungan kekurangan zat besi bawaan. Hal ini berakibat setelah lahir bayi akan menderita anemia serta kekurangan zat besi. 

3. Bahaya bagi ibu menyusui.
Ibu menyusui sangat dianjurkan untuk menghindari kebiasaan minum teh kental karena kafein pada teh akan mempengaruhi produksi air susu, sehingga ASI menjadi berkurang. Fakta lain juga menunjukkan bahwa kafein juga bisa masuk kedalam tubuh bayi melalui air susu yang merangsang usus bayi sehingga menjadi kejang dan ini sangat menyakitkan dan tidak nyaman bagi bayi. 

4. Bahaya bagi orang yang sedang demam.
Bagi orang yang sedang mengalami demam, mengkonsumsi teh tidak akan menurunkan panas tubuh melainkan sebaliknya akan meningkatkan panas tubuhnya. Ini disebabkan theophyline di dalam teh akan meningkatkan panas tubuh. Pada sisi lain dengan minum teh fungsi obat penurun suhu badan menjadi hilang atau berkurang. 

5. Bahaya bagi orang yang lemah saraf dan insomnia.
Orang yang menderita lemah saraf dan mengalami insomnia sebaiknya tidak minum teh karena hanya akan semakin memperparah keadaannya. Penyebabnya adalah kandungan kafein pada teh memicu gairah pada sistem saraf dan meningkatkan metabolisme dasar, sehingga penderita semakin sulit tidur dan merasa gelisah.

6. Bahaya bagi orang yang kurang darah.
Zat besi yang terkandung dalam makanan terserap oleh saluran pencernaan dalam bentuk feros hidrosida koloid. Karena dalam bentuk koloid, tubuh tidak mampu menyerap Zat besi ini secara langsung. Masih diperlukan bantuan getah lambung dan barulah kemudian bisa diserap tubuh. Asam tanat yang terkandung dalam teh sangat reaktif membentuk peryenyawaan dengan zat besi dengan hasil berupa Asam Tanat Feros yang akan menghalangi proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Bila badan orang yang kurang darah mengalami kekurangan zat besi, hemoglobin sintetis pada tubuh juga berkurang, sehingga penyakitnya pun bertambah parah. 

7. Bahaya bagi orang yang mengalami sembelit.
Orang yang mengalami sembeli tidak boleh mengkonsumsi teh kental karena asam tanat dalam teh menjadi astringen yang akan melemahkan peregangan saluran usus. Apabila pasien ini nekat minum teh kental maka bisa dipastikan penyakitnya menjadi makin parah. 

8. Bahaya bagi kesehatan anak-anak
Setelah minum teh anak-anak akan terangsang semangatnya, selera makannya berkurang, selaput lendir pada organ pencernaan menurun sehingga menganggu pencernaan makanan dan kemampuan penyerapannya. Asam tanat yang terkandung dalam teh juga  akan menurunkan penyerapan vitamin B dan Zat Besi dalam makanan yang berakibat menurunnya hemoglobin dan menuyusutnya volume eritrosit, sehingga anak akan mudah terserang anemia atau kurang darah. 

9. Bahaya bagi orang yang menderita penyakit jantung.
Orang yang positif menderita penyakit jantung wajib menjauhkan diri dari kebiasaan mengkonsumsi teh kental. Alasannya adalah kadar kafein dalam teh akan merangsang orang serta menaikkan tekanan darahnya. Akibatnya adalah jantung akan berdetak cepat, merasa sangat gelisah bahkan mengalami arrhythmia atau tidak adanya irama jantung. Dan ini bisa berakibat fatal.

Bahaya di atas terlepas dari campuran teh manis seperti gula atau es, tentunya gula dan es mempunyai bahaya tersendiri. Intinya, jangan makan dan minum secara berlebihan. Selain berbahaya bagi kesehatan sebagian orang, teh juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, akan saya posting dikesempatan berikutnya.

10 comments:

  1. wahhh.. gawat juga nih, cz tiap pagi dna sore hari slalu minum teh gimana dong ?

    ReplyDelete
  2. terimakasih banya atas infonya tentang manfaat teh nya.

    ReplyDelete
  3. dok bagaimana saya hampir setiap hri minum teh bahkan setiap makan saya tidak mmm air path, tpi teh manis

    ReplyDelete
  4. Minum teh hangat setiap pagi memang merupakan rutinitas yang saya lakukan sebelum pergi ke kantor, selain membuat kita menjadi lebih santai tentunya melangsingkan juga loh haha

    Terima kasih artikelnya

    http://www.citragrandcity.com/

    ReplyDelete
  5. Sayang sekali ya, kenapa tidak disebutkan manfaatnya, jadinya tidak berimbang

    ReplyDelete
  6. minum teh pekat bisa bikin jantung berdebar loh

    ReplyDelete
  7. Kirain g dampak negatifnya mkah y ksih info brmnfaat

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...