June 26, 2014

9 Fakta Unik dan Menarik Piala Dunia Brasil 2014



Demam bola Piala Dunia boleh saja. Namun ada beberapa fakta unik dan menarik Piala Dunia Brasil 2014. 9 diantaranya adalah:


1. Teknologi garis gawang
Ini adalah Piala Dunia pertama yang menggunakan teknologi garis gawang, demi menghindari terulangnya sejumlah insiden masuknya bola secara sah ke dalam gawang namun tidak disahkan oleh wasit karena keterbatasan pantauan. Dengan memasang tidak kurang dari 14 kamera di sejumlah sudut gawang, maka perangkat itulah yang akan mendeteksi apakah bola masuk atau tidak. Apabila teknologi 'Line-Goal' telah menyatakan masuk, maka jam tangan wasit akan bergetar seraya menampilkan tulisan GOAL di layar jam tangan tersebut.

2. Drone dan iRobot 
Hadirnya sebuah perangkat pesawat tanpa awak (drones) yang melayang di atas lapangan yang ditujukan untuk memantau keamanan serta kelancaran pertandingan. Perangkat ini dikatakan adalah milik pemerintah Israel yang ikut berpartisipasi memberikan sponsor pada gelaran sepakbola empat tahunan tersebut. Selain itu, juga ada iRobot, sebuah mesin robot yang digunakan FIFA untuk memantau kerumunan penonton jika terjadi pelanggaran tata tertib. Robot ini dapat mendeteksi barang bawaan penonton yang telah ditetapkan FIFA untuk dilarang dibawa ke dalam stadion.

3. Tidak Ada Sesi Pidato Pembuka Ajang Piala Dunia
Tidak seperti ajang sebelumnya yang setiap ada acara piala dunia selalu ada sesi pidato pembuka untuk meresmikan acara tersebut. Namun untuk tahun ini tidak diadakan di Brasil, karena banyak sekali para penduduknya yang tidak menginginkan ajang piala dunia tersebut diselenggarakan di negaranya.

4. Penanda tendangan bebas dan pagar betis
Vanishing spray akan digunakan pertama kali pada Piala Dunia. Adalah semprotan untuk menandakan posisi bola saat tendangan bebas, dan juga digunakan untuk menandai jarak 10 meter pagar betis. Para pemain tidak akan nakal mengubah posisi bola saat tendangan bebas atau maju lebih dekat ke bola bagi pagar betis. Cat semprot ini akan hilang dalam waktu satu menit setelah disemprotkan

5. Jeda Minum.
Dalam hal ini wasit memberikan keluangan waktu untuk para pemain melakukan jeda minum di pinggir lapangan. Hal ini dilakukan karena cuaca di Brasil sangat panas. Terlebih lagi Piala Dunia selalu dilakukan di musim panas. Wasit hanya akan memberikan jeda minum dalam pertandingan tiga kali dan tidak lebih untuk para pemain. Sebab dehidrasi yang dialami pemain akan berakibat fatal jika terus dipaksakan.

6. Maskot
Maskot resmi Piala Dunia 2014 adalah Armadillo, dipilih sebagai ide maskot Piala Dunia 2014 karena saat ini status hewan sebangsa trenggiling dan memiliki nama ilmiah Tolypeutes tricinctus terancam punah. Hewan endemik Brasil ini sekarang hanya terdapat di bagian timur laut Brasil yang memiliki iklim kering. Populasi hewan ini terancam punah karena habitatnya yang sedikit demi sedikit mengalami kerusakan. Nama “Fuleco” yang diberikan untuk maskot Piala Dunia 2014 ini merupakan akronim dari kata Futebol dan Ecologia. Futebol merupakan bahasa Portugis yang menjadi bahasa kebangsaan Brazil yang berarti sepak bola, sedangkan Ecologia diambil dari kata ekologi yang memiliki arti yaitu lingkungan.

7. Biaya termahal 
Penyelenggaraan Piala Dunia 2014 memakan biaya 16 miliar US Dollar, jumlah tertinggi dalam sejarah Piala Dunia. Diperkirakan, dana keseluruhan yang dikeluarkan pemerintah Brasil untuk memenuhi segala sesuatu untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2014 adalah USD 14-16 triliun. Apabila dikalkulasi, dana tersebut dapat digunakan untuk tiga kali gelaran Piala Dunia. Sementara untuk hadiah bagi sang Juara, siapapun pemenangnya akan mendapatkan penghargaan dan hadiahnya. Hadiah pemenang pertama pada Piala dunia kali ini mendapatkan uang sebesar 35 juta US Dollar, sementara untuk runner-up akan menerima 25 juta US Dollar. Wajar saja kalau terjadi demonstrasi besar-besaran dan kemarahan rakyat menolak penyelenggaraan piala dunia oleh rakyat Brasil dengan alasan menghamburkan anggaran yang seharusnya untuk kesejahteraan rakyat Brasil.

8.Bola
Nama bola resmi yang digunakan pada piala dunia 2014 adalah BRAZUCA. Brazuca adalah bola Piala Dunia FIFA pertama yang dinamai oleh penggemar. Nama bola ini diumumkan pada hari Minggu 2 September 2012 setelah dipilih oleh suara publik, yang diselenggarakan oleh Komite Penyelenggara Lokal dan Adidas, di mana lebih dari satu juta penggemar sepak bola Brasil ikut berpartisipasi dalam pemilihan tersebut. Nama Brazuca terpilih dengan 77,8% suara. Menurut FIFA istilah resmi “Brazuca” digunakan oleh Brasil untuk menggambarkan kebanggaan nasional dalam cara hidup Brasil, dan mencerminkan pendekatan mereka untuk sepak bola, melambangkan emosi, kebanggaan dan niat baik untuk semua. Dua pilihan voting lainnya yang diberikan adalah: Bossa Nova (14,6% suara) dan Carnavalesca (7,6% suara). Bola Brazuca merupakan bola ke-13 yang dipakai di Piala Dunia. Jauh berbeda dengan desain-desain sebelumnya, Brazuca memiliki motif yang jauh berbeda dengan bola yang ada sebelumnya. Brazuca didesain dengan menggunakan enam panel tanpa jahitan yang telah menjadi teknologi terbaru dalam desain dari Adidas. Bukan hanya desain yang unik, Adidas mengklaim Brazuca akan sangat nyaman dikontrol pemain, stabilitas yang bagus, dan memiliki aerodinamika yang bagus saat melayang di udara dalam kondisi cuaca apa pun. Tidak seperti Jabulani yang banyak mendapat kritikan karena sulit dikontrol, Brazuca telah mendapat pengakuan setidaknya dari beberpa pemain, yakni Dani Alves dan Iker Casilas.

9. Resort khusus timnas Jerman 
Ajang piala dunia kini akan didatangi oleh semua pemain klub dari berbagai negara ke Brasil. Biasanya mereka akan menyewa hotel atau penginapan mewah untuk beristirahat. Tapi tidak untuk Jerman, karena mereka membangun sendiri resort untuk tempat menginapnya selama di Brasil dengan alasan fasilitas yang disediakan Brasil tidak layak.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...