December 18, 2015

9 Benda yang wajib tersedia di mobil

Kondisi jalan raya yang macet, atau tempat kerja yang tidak dekat, atau sering bepergian membuat manusia lebih banyak berada di jalan. Hingga muncullah istilah tua di jalan. Olehnya, bagi anda yang bermobil, perlu memperhatikan benda-benda penting yang wajib tersedia di mobil. Berikut ini 9 diantaranya.



  1. Kotak P3K (Pertolongan pertama pada kecelakaan). Isinya mencakup: Pelindung seperti masker dan sarung tangan, Pembersih misal alkohol atau krim antiseptik untuk membersihkan luka dan mengurangi risiko infeksi, Kain kasa, Perban, Pereda rasa sakit, Antibiotik untuk mengantisipasi gejala lanjutan akibat luka, Gula batu atau permen untuk meningkatkan kadar gula agar tidak lemas, Iodin untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri. Ketahui pula beberapa tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan
  2. Baju ganti. Siapkan satu set pakaian untuk masing-masing anggota keluarga. Atasan, bawahan, pakaian dalam, juga kaus kaki. Kecuali Anda memiliki bayi dan balita yang biasanya punya tas khusus saat bepergian. 
  3. Air. Usahakan bukan air mineral kemasan. Melainkan air minum yang Anda simpan dalam botol. 
  4. Kudapan. Biskuit, protein bar, atau kudapan lain kesukaan keluarga. Cukup membantu saat terjebak kemacetan cukup lama, terutama saat jam makan. Pastikan kemasannya tertutup rapat agar tak mengundang semut atau menyebabkan kudapan jadi tak enak dimakan. 
  5. Uang. Sisipkan uang di beberapa bagian terpisah dalam mobil. Tak perlu sampai berjuta Rupiah, secukupnya saja untuk keperluan darurat. Sedia pula uang receh. 
  6. Senter dan payung. Anda tak akan tahu kapan membutuhkannya. Akan lebih baik jika selalu sedia.  Sedia senter sebelum gelap, sedia payung sebelum hujan.
  7. Pengecas telepon seluler. Benda ini sudah umum dimiliki oleh pengguna ponsel pintar. Jika Anda belum memilikinya, segera beli dan simpan dalam mobil. 
  8. Selimut dan handuk kecil. Seperti halnya pakaian, dua benda ini bisa jadi penyelamat saat darurat. Untuk handuk, Anda bisa pilih yang berbahan microfiber, lebih praktis karena cepat kering. 
  9. Dongkrak dan kabel jumper. Anda tak pernah tahu kapan ban mobil anda harus diganti karena tiba-tiba bocor, bukan? Ganti sendiri dengan ban serep dan dongkrak. Kabel jumper untuk menarik mobil saat mogok, mintalah pertolongan pengguna mobil yang lain.
Itulah 9 alat yang penting disediakan di mobil, suatu saat anda akan membutuhkannya. Selamat tua di jalan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...