March 15, 2013

9 Tempat Wisata Favorit Bali

Pagi ini, istri saya terbang ke Bali, untuk ke tiga kalinya. Saya sendiri baru dua kali menginjakkan kaki di Pulau Dewata. Kalau diberi kesempatan, saya masih mau kesana. Tempat wisatanya sungguh komplit, dijamin stress akan hilang jika berwisata di Bali. Lalu, dimana saja tempat wisata favorit yang pernah kami kunjungi? Berikut ini 9 diantaranya.

1. Pantai Kuta
Bali adalah Kuta, dan Kuta adalah Bali. Mungkin demikian kiasan yang tepat mengenai Kuta. Kuta adalah destinasi wajib wisatawan yang berkunjung ke Bali, apalagi untuk yang pertama kalinya. Disinilah pusat wisatawan lokal dan mencanegara berkumpul. Dengan berbagai pilihan penginapan dan tempat perbelanjaan yang ada. Anda tak akan kesulitan ke daerah Legian dan Seminyak jika memilih menghabiskan malam disini. Pantai Kuta sendiri adalah ikon daerah Kuta, dengan pasir putih yang menghampar luas menghadap ke barat. Di pagi dan siang hari, Pantai Kuta dijejali wisatawan yang ber Surfing ria, menaklukkan ombak. Sedangkan di sore hari, Pantai Kuta selalu dipadati wisatawan penikmat sunset. Tidak ada tiket masuk ke Pantai Kuta, gratis kecuali bayar parkir kendaraan.

2. Pura Uluwatu
Terletak di bagian selatan pulau Bali, dari Kuta, kalau tahu jalan butuh setengah jam sampai disini. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 15 ribu untuk masuk ke lokasi ini. Begitu masuk, Anda akan disambut puluhan ekor monyet "penunggu" pura. Pura Uluwatu yang berada tepat di bibir tebing yang curam sungguh mempesona mata. Jika punya waktu dan kocek lebih, Anda dapat menikmati pertunjukan tari Kecak disini sambil menunggu matahari terbenam.


3. Pura Tanah Lot
Dari Kuta, kalau tahu jalan butuh setengah jam sampai disini, menuju arah utara. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 8 ribu untuk masuk ke lokasi ini. Ada tiga Pura berdiri di daerah ini, di daratan, di laut dan di tebing. Tak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan foto disini. Termasuk salah satu pura besar di Bali. Jika beruntung, Anda akan melihat upacara keagamaan di Pura ini. Wisatawan juga dapat menikmati sunset yang indah disini.

4. Tanjung Benoa
Bagi yang hobi Banana Boat, Parasailing, Jetski, Glassbottom Boat dan Turtle Island, Snorkeling, Scuba diving dan permainan lainnya, Tanjung Benoa adalah destinasi wajib bagi Anda. Terletak di sebelah timur-tenggara Kuta, cukup 30 menit sampai ke lokasi ini, melewati Nusa Dua yang terkenal sebagai tempat pertemuan Internasional. Masuk ke lokasi ini dikenakan tarif parkir Rp 5 ribu per mobil. Untuk mencoba parasailing, cukup merogoh dompet Rp 100 ribu per lima menitan.

5. Pura Ulundanu Bratan
Butuh waktu tidak kurang dari satu jam dari Kuta untuk sampai disini, daerah Bedugul. Dalam perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam nan indah dengan hawa sejuk. Ada tiga tempat masuk ke Danau Bratan, dua tempat makan, dan satu Pura. Masuk lewat pura adalah favorit wisatawan, dengan harga tiket masuk Rp 40 ribu, tapi saat itu kami masuk tanpa tiket, membayar Rp 20 ribu (mungkin penjaga pintu kasihan kepada kami karena kebasahan naik motor, hehehe). Pura di tepi danau menjadi pemandangan yang menakjubkan, kadang diselimuti kabut.

6. Pantai Sanur
Tempat menikmati sunrise terbaik di Bali. Sayangnya, kami ke Pantai Sanur sore hari dengan motor sepulang dari Sukawati. Karcis parkir Rp 5 ribu per motor, dan Anda sudah dapat menikmati pantai. Jajanan khas sanur seperti jagung bakar dan kelapa muda dapat dengan mudah dinikmati disini, dengan harga bersahabat.

7. Kintamani
Kolaborasi antara gunung Batur dan danau Batur sungguh menakjubkan mata, tak terasa perjalanan lebih dari satu jam dari Kuta terobati. Masuk ke kawasan ini bayar Rp 5 ribu per mobil. Di daerah Panelokan di ujung jembatan, Anda sudah puas menikmati pemandangan sambil berfoto ria. Kalau punya waktu dan uang lebih, melintasi danau Anda dapat ke desa Terunyan melihat mayat yang diletakkan begitu saja di bawah pohon.

8. Pura Taman Ayun
Pura yang tertata dengan apik, ditambah taman yang luas dan danau (atau sungai?) buatan membuat Anda akan betah disini. Taman ayun adalah pura kerajaan yang eksotis, kaya akan nilai historis dan juga memiliki pemandangan yang indah. Tiket masuk hanya Rp 5 ribu per orang. Tak sampai setengah jam dari Kuta. Jika mengarah keBedugul, sempatkan singgah di Pura Taman Ayun.

9. Pantai Jimbaran
Tak lebih setengah jam dari Kuta untuk sampai ke Pantai Jimbaran (atau Kedonganan). Hamparan pasir putih yang luas akan menyambut kedatangan Anda. Restoran makanan laut (seafood) ikut terhampar di tepi pantai. Sehabis menikmati sunset, sungguh sayang jika Anda melewatkan makan malam nan romantis disini, ditemani lilin, pertunjukan musik, dan pertunjukan tari yang disuguhkan masing-masing restoran. Gratis masuk dan menikmati seluruh pertunjukan, namun Anda harus memesan makanan, bukan?

Demikian sembilan tempat wisata favorit saya di Bali, masih ada yang ke-10, 11, dan banyak lagi. Ada yang mau menambahkan?

1 comment:

  1. Kalo main ke Bali , udah tau nih mau kemana aja. Thanks infonya :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...