March 14, 2013

9 Alasan Membuat, Punya, dan Mengelola Blog


Mengapa Anda membuat blog? Untuk Apa? Pertanyaan seperti ini seringkali muncul dari teman, keluarga, bahkan dari diri sendiri. Bahkan ada yang bilang "Tidak usah ngeblog, buang waktu, tidak ada gunanya!". Ataukah pernyataan bahwa "Kalau sekedar share, Facebook dan Twitter sudah cukup, kejadian penting baca saja portal berita, tak usah membuang waktu mengurus blog". Lalu untuk apa ngeblog? Berikut ini adalah 9 alasan saya ngeblog.

1. Berbagi
Banyak blog yang ditulis secara pribadi, menceritakan pengalaman pribadi. Entah masalah keluarga, kesehatan, bahkan percintaan. Mungkin pengalaman tersebut akan dialami atau telah dialami seseorang dan membutuhkan pemecahan masalah. Dari membaca blog, mungkin saja ada pemecahan masalah dari permasalahan yang dihadapi sehingga dapat membantu orang lain, pembaca blog. Selain itu, diharapkan dapat menambah ilmu bagi para pembacanya. Begitu pula sebaliknya, lewat komentar yang pengunjung berikan, baik itu kritik dan saran dapat menambah ilmu bagi pemilik blog.

2. Uang
Kebanyakan blogger tidak menghasilkan banyak uang dari blogging, tetapi punya potensi untuk menghasilkan pendapatan dari blog dengan cara kerja keras dan berkomitmen. Ada banyak blogger yang mendapatkan banyak uang. Dengan kesabaran dan praktek, Anda dapat menghasilkan uang melalui iklan dan kegiatan lainnya yang menghasilkan pendapatan di blog Anda.

3. Rekam Sejarah
Catatan yang ada di blog sebagai catatan sejarah. Seperti juga buku diary, catatan di blog akan membantu Anda mengingat kembali apa-apa saja sejarah Anda di masa lalu, yang bersifat pribadi ataupun pandangan-pandangan Anda mengenai perkembangan dunia. Saat Anda mati, ingin dikenang seperti apa? Blog juga salah satu media Anda mengabadikan diri dalam sejarah kemanusiaan. Harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan tulisan.

4. Aktualisasi
Sebagaimana media sosial, blog dapat menjadi media aktualisasi diri. Berkenalan dengan blogger lain dengan blogwalking atau meninggalkan komentar di sebuah blog. Selain itu, blogging akan mempertemukan orang yang berkarakter sama, berjalan pikiran sama, dan membangun komunitas bersama.

5. Iseng
Bila kurang kerjaan, bunuhlah waktu dengan menulis, salah satunya dengan menulis di blog. Tidak ada salahnya, dibanding keluyuran tak tentu arah ataupun memelototi facebook dan twitter seharian. Membunuh waktu. Banyak orang memulai sebuah blog hanya untuk bersenang-senang. Jadi, daripada bermalas-malasan mending ngeblog saja.

6. Membangun Diri
Mempunyai blog, kemudian telaten dalam salah satu bidangnya di blog lama-kelamaan akan membuat blogger ahli dalam bidangnya.Misalnya Anda seorang dokter, dengan menulis di blog maka pengetahuan akan semakin terasah, lama-kelamaan akan semakin ahli di bidang kedokteran. Efek lainnya adalah, Anda semakin dikenal dan menambah kepopuleran Anda.

7. Ekspresi Diri
Untuk Mengekspresikan Pikiran dan Pendapat Anda Anda memiliki sesuatu untuk dikatakan, blog menyediakan tempat untuk mengatakannya dan akan didengar oleh orang lain. Hampir sama dengan media sosial, namun blog lebih membuat Anda leluasa tanpa dibatasi karakter atau batasan khusus seperti di Media sosial.

8. Promosi
Blogging adalah cara yang bagus untuk membantu pemasaran produk atau jasa atau mempromosikan diri Anda.

9. Belajar
Untuk tetap aktif dan berpengetahuan luas, blogging yang sukses sebagian tergantung pada frekuensi posting, up to date dan memberikan informasi segar. Ini adalah cara sempurna untuk membantu blogger agar tetap mengikuti peristiwa atau topik tertentu, disamping belajar sepanjang waktu.

Itulah sembilan alasan membuat, punya, dan mengelola blog. Ada yang mau menggenapkannya jadi 10?

1 comment:

  1. terimakasih informasinya yang sangat bermanfaat terutama buat saya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...